BHAKTI IBRAHIM

SUKA CERITA – SUKA MENDENGAR

KENAPA KITA SERING MENUNDA?
Cerita

KENAPA KITA SERING MENUNDA?

Buat self employee atau orang yang kerja sendiri di rumah, kayak gue gini, harus banget bisa kontrol diri sendiri. Masalahnya, kami para self employee, enterpreneur, or freelancer ini kadang suka hilang kontrol, jadinya sering menunda pekerjaan atau suatu hal yang seharusnya dikerjakan.

Buat teman-teman yang malas baca, atau lebih suka mendengarkan dari pada membaca, bisa dengarkan tulisan ini juga di Podcast gue BEK STORY yang ada di Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, dan Anchor. Dengar di sini juga bisa, tinggal klik tombol play hehe.

DENGARKAN PODCAST BEK STORY
EPISODE 36 – KENAPA KITA SERING MENUNDA?
DI SPOTIFY

Bukan berarti teman-teman yang kerja kantoran nggak harus kontrol diri. Ya, bedanya mungkin yang kerja di kantor punya teman kerja, bos, dan lingkungannya yang membuat dirinya lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan ritme kerja. Masa iya sih teman kita lagi pada sibuk, kita yang satu tim malah santai dan menunda pekerjaan. Gak mungkin kan?

Belakangan ini, gue lagi coba mencari tahu, kenapa ya, gue, atau kita, sering banget menunda sesuatu, padahal itu hal baik? Misalnya: pekerjaan, hobi atau impian, olahraga, makan sehat, diet, apapun, sesuatu yang kita tahu harusnya dikerjakan secepatnya.

Hal apa yang membuat kita sering menunda?

Jawaban untuk diri gue sendiri adalah, Youtube, Series, Film, atau dalam kategori tontonan. Dan efek makanan.

Ya, makanan ngaruh banget ke mood kita loh. Pernah gak lo ngerasa malas, ngantuk, dan lemas, setelah makan sesuatu? Pasti pernah kan? Kalau gue, nasi padang! Selain itu, apapun makanan yang enak banget, tapi kalau kekenyangan jadi begah banget.

Gak cuma sekarang, waktu kerja pun gitu, kalau makan siang, dan kekenyangan atau gak nikmat, pasti banget saat balik ke meja kerja, ada rasa malas yang muncul tiba-tiba. Kecuali ada yang urgent, pasti ritme kerja kita jadi agak santai setelah makan siang.

Sekarang kita beralih ke minuman. Masih nyambung sama makanan. Kalau makan kita after taste-nya gak enak, kita perlu minuman untuk memperbaiki rasa itu kan? Jadinya kita minum manis, gula, makin malas deh tuh badan.

Anehnya lagi, udah tahu efeknya bakal begitu, kita malah tetap makan itu. Yaaa, gimana? Enaaak! Hehe.

Kita tahu kan, harusnya kita makan sehat aja, buah, sayur, kurangi gula, banyakin air putih. Tapi lagi-lagi, kita menunda hal itu.

Tontonan kita seperti Youtube, Netflix Series, bahkan Instagram Story aja bisa bikin kita menunda sesuatu.

Awalnya masuk jam istirahat, sambil makan kita nonton Youtube 10 menit, lalu ada part 2, lanjut lagi ke part 3, tahu-tahu udah 1 jam lebih. Series juga gitu. Awalnya kita pikir…Ah, satu episode, pas nih untuk jam istirahat. Begitu ending, loh kok seru!? Akhirnya lanjut episode 2 dan seterusnya. Gue banget tuh!

Instagram Story, keliatannya biasa aja. Tapi kita gak sadar. Klik, klik, klik, tahu-tahu udah setengah jam aja kan? Bahaya banget. Jangan sekali-kali buka ig story pas bangun tidur. Buang waktu banget.

Kita mesti gimana dong biar gak nunda? Kalau gue tahu juga gak akan ngeluh begini wey hahaha. Tapi ada sebagian yang gue lakukan, yang mungkin lo juga bisa terapkan.

Sekarang gue lagi menerapkan jam kerja versi Achmad Zaky, CEO Bukalapak. Namanya 996 (nine-nine-six) yang berarti, mulai kerja jam 9 pagi, sampai jam 9 malam, selama 6 hari. Jadi, selama waktu tersebut, masih jam kerja, jangan ngerjain hal lain. Hal lain bisa dilakukan saat jam istirahat, atau sebelum dan sesudah jam kerja.

Berikutnya, gue pakai ceklis aktivitas. Hari minggu kemarin (01 September 2019) gue bikin ceklis harian, mingguan, dan bulanan. Ceklis harian berisi kegiatan rutin yang harus gue kerjakan setiap harinya. Ceklis mingguan berisi tentang jadwal tayang konten, kebiasaan rutin, dan hal lain yang sifatnya mingguan. Sedangkan ceklis bulanan, isinya reminder hal-hal bulanan seperti bayar ini itu, dan hal-hal yang dikerjakan selama sebulan sekali.

Ceklis harian dan ceklis mingguan, akhirnya gue tempel di samping layar komputer gue. Tujuannya, saat gue malas, main game, atau lagi nonton apa gitu di komputer, gue melihat ceklis itu dan segera sadar, masih banyak hal yang belum diceklis (belum dikerjakan).

Mungkin teman-teman bisa terapkan hal itu juga. Ohya, ada sebuah saran dari teman. Katanya, belajar Energy Management. Di zaman sekarang yang serba cepat ini, Time Management aja rasanya kurang banget. Kalau lo mau belajar Energy Management bisa dengarkan salah satu Podcast di Inspigo tentang itu.

Perencanaan itu perlu. Kita yang punya rencana aja kadang merasa kewalahan, apa lagi kalau gak punya? Bisa-bisa gak tahu mau ngapain. Jangan-jangan, lo lagi ngerasa gitu? Hati-hati, buruan gih bikin plan dan execute.

Gue @bhaktibek pamit, terima kasih sudah membaca dan atau mendengarkan :))

- September 4, 2019

No Comment

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *